Selasa, 16 Juli 2019

Banyak yang Tak Tahu, Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin Anda Hemat Energi Listrik


Terkadang, Anda tidak memikirkan hal-hal kecil yang ternyata bisa membuat pemakaian listrik Anda menjadi boros. Sehingga, tagihan  listrik tiap bulan Anda sering membengkak. Terlebih, kabarnya tahun depan tagihan listrik akan naik. Nah, untuk itu, Anda diimbau agar memulai gerakan berhemat listrik. Tidak sulit, menerapkan cara hemat listrik rumah tangga ini mungkin juga bisa jadi solusi pengeluaran Anda tiap bulan.

Tidak hanya menguntungkan, menghemat listrik juga merupakan langkah penting untuk kebaikan lingkungan dan bumi di masa depan. Karena, jika Anda perhatian terhadap penghematan energi, hal tersebut bisa berpengaruh pada pemanasan global. Tagihan listrik di rumah Anda juga akan berkurang.

Nah, ada banyak hal yang Anda bisa lakukan untuk bisa berhemat listrik. Terlebih, ada banyak hal-hal yang mungkin belum Anda tahu, bahwa beberapa kegiatan di rumah bisa membuat listrik cepat tersedot. Sehingga, Anda perlu mengubah gaya hidup Anda demi berhemat listrik. Bagaimana caranya? Simak dan ketahui beberapa strategi berikut untuk berhemat listrik di rumah Anda:

1. Menambah pencahayaan di dalam dan luar ruangan


Jika Anda memiliki kebiasaan menutup jendela dan tirai ketika siang hari dan tetap menyalakan lanpu? Mulai sekarang, ubah kebiasaan tersebut, dengan penuhi pencahayaan dari luar pada siang hari, dan matikan lampu ketika matahari telah terbit.

Jika, Anda ingin tetap menutup jendela dengan tirai untuk keperluan privasi, maka gunakan tirai berwarna terang, agar caha bisa tetap masuk di dalam ruangan.

Baca Juga: Begini Cara Hemat Listrik Namun Tetap Bikin Rumah Sejuk dan Terang

2. Buat ruangan besar untuk kumpul keluarga


Pada malam, mungkin Anda dan keluarga memiliki kegiatan masing-masing di kamar sendiri. Nah, untuk menghemat penerangan pada malam hari, sebaiknya Anda dan keluarga berkumpul di ruang keluarga yang cukup besar, agar penerangan hanya menyala di sari ruangan saja. Anda bisa matikan lampu di kamar masing-masing agar lebih hemat.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa membuat kualitas dan keakraban dalam kekeluargaan Anda bisa semakin bertambah.

3. Gunakan lilin, sebagai pengganti lampu minimal seminggu sekali


Gerakan matikan lampu pada malam hari ternyata bisa berdampak baik loh. Anda bisa menjaga lingkungan dan juga bisa sambil mengehemat listrik. Tidak perlu setiap hari, Anda bisa lakukan gerakan ini seminggu sekali.

Agar tidak bosan saat matikan lampu pada malam hari, Anda bisa membuat kegiatan seru bersama keluarga dengan menggunakan lilin. Misalnya, sambil membacakan dongeng, bercerita kegiatan sehari-hari, atau bermain bayangan bersama anak-anak.

4. Buat fentilasi yang cukup 


Jika rumah Anda tidak menggunakan AC sebagai pendingin ruangan, Anda bisa menanganinya dengan cara membuat fentilasi lebih, terlebih penggunaan AC ternyata membutuhkan listrik yang cukup besar. Hal ini dilakukan agar, udara yang masuk bisa lebih banyak, sehingga rumah Anda bisa dialiri angin yang cukup menyejukkan ruangan. 

5. Gunakan bola lampu yang hemat


Jika saat ini Anda masih menggunakan lampu pijar di rumah, cobalah untuk menggantinya dengan lampu neon kompak (CFL) atau lampu LED. Terlebih, lampu pijar tidak sepenuhnya mengeluarkan cahaya, tetapi mengeluarkan energi panas, sehingga peneran ruangan kurang, dan suhu ruangan juga akan bertambah panas.

6. Cabut semua aliran listrik barang elektronik jika sudah tidak digunakan


Barang elektronik yang colokan listriknya masih menancap, ternyata bisa menyedot atau menguras listrik, bahkan ketika barang sedang tidak digunakan atau dimatikan. Sehingga, ketika Anda mulai membiasakan mencabut peralatan listrik saat tidak digunakan, bida menghemat banyak energi.

Misalnya, mencabut colokkan mesin cuci, TV, komputer, charger handphone dan peralatan elektronik lainnya. Karena, meskipun energi yang digunakan kecil, tapi bisa terakumulasi.

7. Kurangi ketergantungan pada peralatan elektronik


Kebiasaan atau ketergantungan menggunakan peralatan elektronik, ternyata bisa membengkakkan listrik bulanan Anda. Misalnya, kurangi pemakaian mesin cuci ketika cucian tidak terlalu banyak, atau tidak perlu menggunakan pengering pakaian, jika cuaca sedang terik, dan sebagainya.

8. Beli produk elektronik yang hemat energi atau yang memiliki tegangan listrik rendah


Nah, untuk yang paling penting, Anda juga harus mecari atau membeli peralatan elektronik yang memiliki tegangan listrik rendah, sehingga Anda bisa sekaligus berhemat sambil menggunakan barang tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk berhemat listrik. Sehingga, keuntungan kehematan Anda bisa digunakan untuk keperluan lain atau bisa ditabung. Terlebih, kenaikan listrik yang kabarnya akan naik tahun depan juga bisa berdampaka pada pengeluaran rumah tangga yang semakin besar.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel lengkapnya terkait kabar kenaikan tarif listrik di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hal yang Harus Diperhatikan Agar Terhindar Dari Pinjaman Dana Fintech Palsu

Beberapa waktu lalu, pemberitaan seputar pinjaman dana online   Fintech peer to peer lending sedang booming dimana-mana. Salah satu pem...